MGpaNqZaMWVdNaJ6MaJ5NGZ7MTcsynIkynwbzD1c

Bahasa Pemrograman HTML dan Perkembanganya Sampai Saat Ini

HTML Itu Apa ? HTML merupakan kependekan dari serangkaian kata-kata dalam bahas…

Jasa Pembuatan Website
5932034103477481064

Bahasa Pemrograman HTML dan Perkembanganya Sampai Saat Ini

Selasa, 30 Agustus 2022

Jasa Candil Kuya - Hallo Sobat Candil, Coba Anda Ingat ketika pertama kali bertemu dengan seseorang atau saat awal mula berkenalan dengan seseorang! Pertanyaan apa yang pertama kali terlontar dari anda? Atau dari sekian pertanyaan yang banyak itu, ada beberapa menimbulkan jawaban yang memang penting untuk diketahui dari lawan bicara. Yups! Pertanyaan untuk mengetahui nama atau hakikat sesuatu akan masuk ke dalam sekian pertanyaan-pertanyaan yang ingin disampaikan kepada lawan bicara.

HTML Itu Apa

Sebelum kita mengerti dan memahami lebih jauh tentang HTML, alangkah baiknya jika kita mulai dari berkenalan dahulu dengannya.

HTML Itu Apa ?

HTML merupakan kependekan dari serangkaian kata-kata dalam bahasa Inggris, yaitu Hypertext Markup Language. Dari namanya saja sudah terlihat kalau HTML merupakan bahasa markup, bukan bahasa pemrograman.

Dimulai pada tahun 1991, merupakan tahun kelahiran HTML. Digawangi oleh seorang ahli fisika dan tim Berners Lee dengan didekengi lembaga penelitian CERN yang ada di Swiss. Tim dalam penelitian inilah yang pertama kali mengusulkan adanya hypertext yang universal di internet. Dimulai dengan dibuatnya 18tag HTML, diluncurkanlah hypertext ini ke publik.

Meskipun masih sederhana dan sedikit komponennya, semakin hari semakin lama dikembangkan, tag di dalam HTML semakin banyak. Bahkan sampai hari ini sudah mencapai banyak versi mulai dari HTML versi 1 sampai versi 5. Berikut merupakan sejarah perkembangannya :

1. HTML Versi 1.0

Bermula dari versi 1.0, versi ini merupakan pionir yang masih banyak kelemahan sehingga tampilannya masih sederhana. HTML versi ini mempunyai kemampuan untuk membuat paragraf, heading, list, hypertext dan cetak tebal atau miring pada teks. Selain itu juga mendukung peletakan gambar atau image pada dokumen tanpa wrapping.

2. HTML Versi 2.0

HTML versi 2.0 mempunyai fitur tambahan yaitu kualitas HTML lebih baik. Versi ini mempunyai kemampuan dalam menampilkan data atau form pada dokumen serta memasukkan alamat, nama, dan saran atau kritik. Selebihnya pada versi ini merupakan pionir untuk web interaktif.

3. HTML Versi 3.0

Versi 3.0 mempunyai tambahan fitur dengan fasilitas baru yaitu figure. Figure adalah perkembangan dari image yang berfungsi untuk meletakan gambar serta tabel. Pada versi ini juga mendukung adanya rumus matematika pada dokumen. Akan tetapi versi 3.0 sekarang sudah digantikan dengan versi 3.2 yang lebih baik tentunya.

4. HTML Versi 3.2

Versi 3.2 adalah HTML yang paling sering digunakan. Versi ini mempunyai teknologi untuk meletakkan teks pada sekeliling gambar. Sehingga gambar mempunyai latar belakang, frame, style, tabel, dan sebagainya. Selain itu, pada versi ini juga sudah dapat menggunakan script untuk mendukung kinerja HTML.

5. HTML Versi 4.0

HTML versi 4.0 mengalami banyak perubahan dari versi sebelumnya. Perubahan tersebut pada perintah HTML yaitu image, tabel, text, link, form dan sebagainya.

6. HTML Versi 4.01

Terdapat juga versi 4.01 yang merupakan perbaikan dari versi 4.0. Versi ini menjadi standar untuk lemen atau atribut pada HTML. Karena sudah memperbaiki kesalahan pada versi sebelumnya.

7. HTML Versi 5.0

HTML versi 5.0 merupakan prosedur pembuatan tampilan web terbaru dengan penggabungan antara CSS, HTML dan JavaScript. Menurut berbagai informasi, versi ini dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG.

Perkembangan HTML cukup signifikan. Karena W3C terus membuat dan merilis versi HTML terbaru dan update. HTML versi 5.0 menjadi versi yang lebih baik dengan fitur yang lebih lengkap. Versi ini mempunyai fitur canggih yaitu sudah support embed video dan audio. Sehingga bisa dilampirkan file video atau audio ke halaman website yang diinginkan.

Penutup

Demikianlah perkenalan kita dengan HTML dan pengembangannya hingga sekarang.

Tidak peduli sekecil apapun yang diusahakan jika dilakukan secara berulang-ulang dan bertahap akan menjadi sesuatu yang besar juga. Semoga bermanfaat!

TAGS
Jasa Candil Kuya

Formulir Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang