MGpaNqZaMWVdNaJ6MaJ5NGZ7MTcsynIkynwbzD1c

Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman PHP

PHP lebih mudah dipelajari untuk para pembaca yang ingin menggeluti dunia pemro…

Jasa Pembuatan Website
5932034103477481064

Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman PHP

Selasa, 30 Agustus 2022

JasaCandil Kuya - Hai Sobat Candil, Kali ini kita akan buat bahasan baru mengenai Bahasa Program yang populer yaitu PHP. Saya, Mifta akan memandu pembaca dalam bahasan kali ini.

Bahasa Pemrograman PHP

Sedikit sejarah tentang bahasa program ini, PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. PHP Hypertext Prepocessor adalah bahasa script open source yang sangat populer. PHP adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk membuat aplikasi berbasis client-server. PHP merupakan bahasa interpreter, bukan compiler. Yang berarti source code PHP akan langsung diinterpretasikan dan menghasilkan ouput tanpa menghasilkan execution file terlebih dahulu. Untuk mengeksekusi source code bisa langsung dari web browser kita.

Berikut ini daftar singkat kelebihan yang ada di PHP :

PHP mudah dipelajari bahkan oleh pemula sekalipun

PHP lebih mudah dipelajari untuk para pembaca yang ingin menggeluti dunia pemrograman. Cukup mengkonfigurasi sedikit, para pembaca bisa menjalankan program yang dibuat menggunakan PHP di browser.

Memiliki komunitas yang besar

Dikarenakan banyaknya website yang menggunakan bahasa program PHP, menjadikan banyak developer-developer lain membuat komunitas untuk para pengguna PHP. Di Indonesia sendiri sudah banyak grup dan komunitas para developer PHP.

Maintenance program lebih mudah

Website yang menggunakan PHP juga lebih mudah dimaintenance loh. Banyak website besar yang menggunakan PHP seperti Facebook, Digg dan Wikipedia.

Perkembangan PHP sangat cepat pada tahun 2000 hingga sekarang. Hingga artikel ini ditulis, PHP sudah mengeluarkan PHP versi 8.0.0 pada tanggal 26 November 2020. Yang berarti PHP tidak akan pernah redup. Perkembangan PHP banyak dikarenakan munculnya CMS berbasis PHP seperti WordPress, Joomla, Drupal dan masih banyak lain.

Framework berbasis PHP pun juga berkembang dengan sangat pesat. Banyak sekali framework yang tersedia yang bisa kita pakai untuk mempermudah membuat project website kita. Untuk framework, nanti kita akan bahas setelah menyelesaikan pembahasan mengenai paradigma OOP di PHP. Contoh framework berbasis PHP antara lain :

  • Laravel
  • CodeIgniter
  • Yii
  • CakePHP
  • Zend
  • Symfony
  • Panada (framework buatan developer lokal)

Pada materi selanjutnya, kita akan membahas bagaimana menjalankan source code PHP kita. Oleh karena itu, mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

Jasa Candil Kuya

Formulir Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang